MAN 1 Bandar Lampung Raih Juara Umum KSM Kota Bandar Lampung Tahun 2021

MAN 1 Bandar Lampung Raih Juara Umum KSM Kota Bandar Lampung Tahun 2021

Bandar Lampung,MAN 1 ( Humas ).Tim KSM MAN 1 Bandar Lampung berhasil meraih juara umum pada perhelatan lomba KSM Kabupaten/Kota pada tanggal 21-23 Agustus 2021.

Berikut siswa-siswi yang mendapatkan juara KSM Kabupaten/Kota dari MAN 1 Bandar Lampung yang akan berlaga kembali di KSM Provinsi ( 18-20 September 2021) :
1. Adha Al-Fatah Juara 1 (Geografi)( XII IIS 1)
2. M. Rafsya Juara 1 (Matematika) ( XII IIS 1)
3. Abdi Salim Juara 1 (Fisika) ( XII MIA 2)
4. M. Bintang Juara 1(Biologi) ( XI MIA 1)
5. Zhafira Putri Juara 2 ( Ekonomi) (XI IIS 2)
6. Ade Fadhilah Juara 3 (Kimia) ( XII MIA 1)

Durrul Jauhariyah salah satu pembina KSM ( bidang Fisika) mengatakan kesuksesan yang diraih ini tidak lepas dari keterlibatan semua pihak dan juga dukungan dari madrasah.
Pembinaan dilakukan dengan kolaborasi antara mentor dari dalam/ guru Fisika ( Dardiri), guru agama MAN 1 Bandar Lampung (Saidi,Poppy dan Sa'adatul) dengan mentor dari luar madrasah ( Sovfan dan Luluk) alumni yang pernah Juara 2 KSM Fisika tahun 2012 dan alumni S2 Fisika dari IPB.

“ Kami tidak merasakan liburan semester karena setiap hari ke laboratorium Fisika mendampingi pembinaan, jadwal pembinaan sehari 2 sesi dimulai senin ( 26 juli sampai dengan 18 agustus 2021) dari pukul 07.30 – 12.00 WIB,” jelas Durrul.

Dilain pihak Joko Dwi Surawu selaku Waka Kesiswaan ketika diwawancarai Humas menambahkan pada persiapan menuju KSM tingkat propinsi ini kebetulan berbarengan dengan KSN dan Dies Natalis UNILA, maka untuk efisiensi dari segi SDM, waktu dan biaya, maka pembinaannya harus terintegrasi. Pembinaan dilaksanakan dalam interval waktu sekitar 3 pekan dari sekarang.

Selaras dengan yang disampaikan Durrul, Joko menuturkan Madrasah ingin hasil yang terbaik maka dari itu untuk pembinaan kerjasama dg pihak luar sudah kita lakukan sejak event KSM Kab/Kota walaupun secara informal. Dan dalam event selanjutnya di tingkat Provinsi tentu kita butuhkan dan lebih intens lagi. Namun demikian, kita lebih mengoptimalkan pada SDM yg kita miliki terlebih dahulu yg sebenar nya jauh lebih profesional daripada SDM diluar sistem.

Kerjasamanya masih sekedar menutupi keterbatasan kendala waktu krn kesibukan SDM internal kita. Kita meminta bantuan SDM Eksternal untuk menggantikan jam bimbingan dengan materi dan kekhususan yang dimaksud dalam event KSM ini. Dengan syarat yang bersangkutan harus mampu dan mau mengikuti syarat dan ketentuan yang kita berlakukan.

“Kita berharap apa yg kita lakukan bisa membuahkan hasil yg terbaik karena kita sudah serius berkompetisi secara totalitas, baik totalitas dalam waktu, tenaga, maupun biaya.
Kita akan tunjukkan bahwa MAN 1 Bandar Lampung sudah move on dan bermental juara, menjadi kiblat bagi madrasah lain dikancah provinsi maupun nasional di tengah madrasah IC yang sekarang bertebaran dimana-mana.
MAN 1 Bandar Lampung harus bisa mengungguli MAN IC yg sangat dibanggakan oleh Kemenag RI,” tutur Joko.

Selaras dengan yang diungkapkan Durrul dan Joko, Lukman Hakim ( Kepala MAN 1 Bandar Lampung) mengatakan, “ Sistem pembinaan saat ini masih menggunakan sistem yang sudah berjalan,tinggal bagaimana meningkatkan intensitasnya saja untuk menghadapi kompetisi di level berikutnya,tentunya di butuhkan strategi yang lebih jitu dengan membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk kampus Ceria,”. ( Kontributor : HrS/YN/AS)


04/09/2021 00:35, Dilihat 93 kali