HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN

HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN

 

 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan.

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan data dan informasi yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. SKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan.

Tahun 2024 MAN 1 Bandarlampung melakukan survei terhadap kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di MAN 1 Bandarlampung terhadap persepsi bebas dari korupsi sebanyak 4 periode dengan rincian periode I bulan Januari – April , Periode II bulan Mei-Juli, periode III bulan Agustus – Oktober dan periode IV bulan November – Desember. Di mana setiap periodenya tim survei memberikan link kuisioner berbentuk googleform serta menempelkan barcode di PTSP yang setiap pelanggan yang datang , setelah mendapatkan layanan diwajibakan untuk mengisi googleform tersebut . Dari hasil yang dilakukan terdapat rincian sebagai berikut ;


 

Dari tabel di atas Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan dan persepsi bebas dari korupsi di MAN 1 Bandarlampung berdasarkan survei kepuasan masyarakat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandarlampung dan hasil analisis data yang dihubungkan dengan skala likert  yang telah dilakukan diketahui bahwa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) pada MAN 1 Bandarlampung menunjukkan kategori yang sangat baik, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang SKM 3.53 atau konversi SKM 88,24 .

 


16/07/2024 09:49, Dilihat 283 kali