Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Magang di Perpustakaan MAN 1 Bandar Lampung

Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung  Magang di Perpustakaan MAN 1 Bandar Lampung

Perpustakaan harus kita anggap sebagai jantungnya madrasah. Sebagai mana fungsi jantung dalam tubuh, begitu pun fungsi perpustakaan dalam madrasah. Perpustakaan harus menjadi bagian penting dalam konsep dan proses pendidikan. Perpustakaan madrasah berfungsi menyalurkan pengetahuan ke seluruh komunitas madrasah baik itu peserta didik, guru, pegawai, maupun masyarakat lain yang membutuhkan layanan informasi.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Dengan kata lain, keberadaan perpustakaan madrasah adalah memberdayakan masyarakat madrasah khususnya dan masyarakat luas agar memiliki kesadaran informasi yang baik.

Perpustakaan MAN 1 Bandar Lampung merupakan salah satu perpustakaan madrasah dengan jumlah pemustaka terbanyak di Lampung sekaligus terdekat lokasinya dengan kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini perpustakaan MAN 1 Bandar Lampung sudah tahun kedua menerima mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPII), Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung untuk magang/praktik di perpustakaan madrasah. Magang/praktik mahasiswa tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dianggap perlu bagi mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Magang/praktik mahasiswa yang dilakukan di perpustakaan MAN 1 Bandar Lampung, yaitu praktik pengelolaan bahan pustaka selama lima hari. Magang/praktik tersebut diadakan dalam dua tahap, yaitu tahap I dari tanggal 8 s.d. 14 Desember 2021 dan tahap II dari tanggal 15 s.d. 21 Desember 2021. Untuk setiap tahapnya diikuti oleh enam mahasiswa.


18/12/2021 14:53, Dilihat 1301 kali