Ekstrakurikuler Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Pelatihan Jurnalistik Praktis

Ekstrakurikuler Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Pelatihan Jurnalistik Praktis

Bandar Lampung, MAN 1 (Humas). Peserta didik MAN 1 Bandar Lampung yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalis hari ini, Rabu (19/10/222) mengikuti pelatihan jurnalistik di Gedung Serba Guna MAN 1 Bandar Lampung. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan jurnalistik dan memperkuat literasi peserta didik di era digital sekaligus menyambut anggota baru.

Kegiatan yang bertema "Melalui Pelatihan Jurnalistik Kita Wujudkan Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung yang Profesional dan Berintegritas" ini diikuti oleh 58 orang dengan menghadirkan pemateri dari kalangan media.

Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Bandar Lampung,Hi.Asyiikin, M.Pd. menjelaskan bahwa pelatihan ini mewadahi serta memfasilitasi minat dan bakat siswa di bidang jurnalistik. Karena tim jurnalis hendaknya dapat menginformasikan tentang segala sesuatu yang ada di madrasah. Baik ada even maupun tidak, tim jurnalis selalu mencari berita. Jurnalis harus memahami sumber informasi dengan jelas bukan berdasarkan katanya-katanya dan bisa memahami standar bahasa kaidah jurnalistik.

”Kemampuan menulis, memiliki rasa yang ingin tahu yang sangat tinggi ( peka ),terampil berbahasa dan disiplin sehingga menjadi kekuatan yang mampu menghasilkan jurnalis MAN 1 Bandar Lampung yang professional dan berintegritas,” ujar Asyikin.

M.Faizzi Ardhitara selaku  pemateri dalam kegiatan tersebut mengawali dengan menyampaikan teori dasar jurnalistik terkait penulisan berita yaitu 5W+1H, menyusun perencanaan liputan yang kemudian dituangkan dalam penulisan berita.

Selain teknik penulisan berita, disampaikan juga teknik pengambilan foto yang dipaparkan oleh M. Husni Ramadhan ( alumni MAN 1 Bandar Lampung dan juga mantan Ketua Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung).

Pelatihan yang berakhir pada pukul 16.00 WIB ini dibuka oleh Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Bandar Lampung.

Kontributor (HrS/Aska69/AS).


19/10/2022 22:01, Dilihat 998 kali