Kegiatan Pramuka Wajib Kelas X MAN 1 Bandar Lampung telah Dimulai

Kegiatan Pramuka Wajib Kelas X MAN 1 Bandar Lampung telah Dimulai

Bandar Lampung, MAN 1(Humas). Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Gerakan ini diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat pada 14 Agustus 1961. Gerakan Pramuka memiliki prinsip dasar iman, takwa, peduli terhadap sesama hidup, alam dan taat kepada kode kehormatan Pramuka.Pramuka dikembangkan dengan Tunas Kelapa yang menandakan bahwa Pramuka harus mampu berdiri kokoh, tumbuh tinggi,kuat serta memiliki banyak manfaat bagi sesama.

Pramuka tidak hanya sekadar baris berbaris juga bukan sekadar tentang tali temali dan sandi-sandi. Akan tetapi, di dalamnya terdapat kegiatan keterampilan yang membentuk karakter peserta didik yang diperlukan abad ini. Pramuka mengajarkan kedisiplinan, keuletan, semangat pantang menyerah dan gotong royong.

Mengacu pada hal tersebut dan dalam rangka membentuk karakter peserta didik untuk tetap berkarya dan berinovasi, maka MAN 1 Bandar Lampung melaksanakan Pramuka wajib perdana, Sabtu (21/01/2023) yang dikhususkan bagi peserta didik kelas X.

Wakil Kepala Bidang Kehumasan MAN 1 Bandar Lampung, Dra. Yuniarti pada saat membuka kegiatan ini menuturkan, Pramuka wajib merupakan lanjutan pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 13 di mana para siswa akan mendapatkan penilaian dalam rapor sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan siswa.

Salah satu Pembina Pramuka MAN 1 Bandar Lampung, Eko Astuti, S.Pd. menjelaskan kegiatan Pramuka wajib ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa sehingga menjadi pribadi yang mandiri. Selain itu, Pramuka mengajarkan gotong royong dan membangun kebersamaan antarsiswa.

"Semoga kegiatan Pramuka wajib ini memberikan manfaat dan berkah," ujar Eko.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung di halaman MAN 1 Bandar Lampung ini berjalan dengan lancar. Pertemuan akan dilanjutkan pada Sabtu depan dengan kegiatan menarik lainnya.

Kontributor (HrS/Aska/AS).


23/01/2023 17:07, Dilihat 62 kali