Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Bandar Lampung, MAN 1(Humas). Sejumlah peserta didik MAN 1 Bandar Lampung mengikuti penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kesehatan Lingkungan, Kamis (16/02/2023). Kegiatan yang dihelat di Gedung Serba Guna MAN 1 Bandar Lampung ini bekerja sama dengan Puskesmas Rawat Inap Permata Sukarame.

Kegiatan yang dipandu oleh dr.Agustya Dwi Ariani ini bertujuan memberikan informasi dan pemahaman yang baik dan benar tentang  Kesehatan Reproduksi Remaja dan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan bagi pelajar.

Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Lukman Hakim, S.Pd.M.M. dalam sambutannya berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran peserta didik MAN 1 Bandar Lampung dalam hal Kesehatan Reproduksi Remaja sehingga mereka dapat terhindar dari perilaku yang tidak diharapkan.

Dijelaskan oleh dr.Agustya Dwi Ariani Kesehatan Reproduksi Remaja merupakan satu hal yang sangat penting dan harus mendapat perhatian serta kepedulian semua pihak agar para remaja tidak terlibat perbuatan negatif seperti pergaulan bebas.

Dia juga menegaskan bahwa dalam hal menjaga keamanan organ reproduksi para remaja yang telah memasuki masa pubertas harus lebih berhati-hati dalam pergaulan.

"Pengetahuan yang memadahi dan skill untuk memilih keputusan merupakan kunci penting dalam perilaku remaja," terangnya.

Di akhir paparanya, dr.Agustya memberikan tips agar remaja terhindar dari seks pranikah. Pertama, remaja harus mempelajari pola-pola perilaku seksual yang diakui oleh lingkungan. Kedua, remaja harus belajar mengekpresikan cinta pada lawan jenisnya serta belajar memainkan peran sesuai dengan jenis kelaminnya.

"Dengan kegiatan ini diharapkan para peserta didik MAN 1 Bandar Lampung bisa mempersiapkan diri dalam menjaga kesehatan reproduksi dan lingkungan madrasah," ungkap Dra.Adelarina selaku Pembina UKS MAN 1 Bandar Lampung.

Selain penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kebersihan Lingkungan, kegiatan ini juga dirangkai dengan pemeriksaan dini kesehatan untuk guru dan karyawan MAN 1 Bandar Lampung.

Kontributor (HrS) Aska69/AS).


16/02/2023 17:56, Dilihat 355 kali