Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Lampung yang bertema mandiri berprestasi membangun kemuliaan generasi.

Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Lampung yang bertema mandiri berprestasi membangun kemuliaan generasi.

Bandarlampung - (jurnalis) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Lampung tahun 2023 telah dibuka pada hari Jumat, (04/08/2023) yaitu pada pukul 14.30 di gedung serba guna MAN 1 Bandarlampung. Pembukaan tersebut berjalan dengan lancar, dan perlombaan di gelar pada tanggal 5 sampai dengan 6 Agustus 2023 di MAN 1 Bandarlampung dan MTsN 2 Bandarlampung secara serentak.

Peserta yang mengikuti kegiatan KSM ini terdapat dari 803 siswa dari berbagai macam sekolah yang berbeda di Lampung yang terdiri dari setiap jenjang MI, MTS, dan MA.

Adapun beberapa cabang yang akan di kompetisi kan yaitu Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi (untuk MI), Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi (untuk MTs), dan Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi (untuk MA).

Acara dibuka oleh sambutan pertama dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, beliau menjelaskan bahwa KSM adalah ajang pendidikan yang di adakan agar siswa memiliki sifat tekun, cermat dan juga rasa kepercayaan diri. Pada tahun ini jumlah peserta KSM tercatat meningkat, karna itu beliau berdoa agar minat KSM di kalangan siswa/i setiap tahun nya terus meningkat agar dapat mengembangkan mutu kualitas siswa menjadi semakin tinggi dan besar.

Sambutan yang kedua dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Lampung, marwansyah, beliau berharap agar acara KSM dapat berjalan dengan lancar, seluruh perlombaan dilakukan dengan jujur, juga memiliki pelajaran yang dapat di aplikasi kan dengan baik.

Sambutan terakhir yaitu dari Drs. Intizam selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dalam sambutan nya beliau mengakatakan bahwa "Pendidikan merupakan konteks beragam untuk meningkatkan seluruh pengetahuan dan keterampilan, pendidikan bukan hanya konteks mentransfer peserta didik melainkan tujuan meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas." Drs. Intizam juga mengatakan bahwa beliau senantiasa mendukung dalam rangka tumbuh kembang siswa/i dengan berpatut nilai keagamaan dan berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar agar bisa melahirkan penerus bangsa yang terus berjaya.

Acara lalu dilanjutkan dengan agenda pembukaan resmi kegiatan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Lampung tahun 2023 yang di tandai dengan pemukulan gong.

Kontributor (Syifa/Rumaisha).
Editor (Faza/Iqlima)

 


05/08/2023 16:11, Dilihat 427 kali