Peringatan Hari Lahir Pancasila MAN 1 Bandarlampung

Peringatan Hari Lahir Pancasila MAN 1 Bandarlampung

Bandarlampung, MAN 1 (Humas). Keluarga besar MAN 1 Bandarlampung melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman utama madrasah tepat pada hari Sabtu (01/06/24).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" Tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan bermartabat.

Tujuan peringatan ini sebagai momen pengingat, pemacu, dan menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu momen penting dalam upacara ini adalah pembacaan sambutan dari Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Yudian Wahyudi yang dibacakan oleh Kepala UrusanTata Usaha MAN 1 Bandarlampung, Hendrawan,S.Sos. Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Yudian Wahyudi mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dapat dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Yudian.

Yudian juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Mengakhiri sambutannya, Yudian mengimbau seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugrah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," pungkasnya.

(HrS/Aska69/AS/Yn).


01/06/2024 10:45, Dilihat 76 kali