MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-77

MAN 1 Bandar Lampung Ikuti Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-77

Bandar Lampung, MAN 1(Humas). MAN 1 Bandar Lampung mengikuti upacara dalam rangka peringatan HAB ke-77  tahun 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung di Halaman MAN 1 Bandar pada Selasa (03/01/2023).

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, tamu undangan, darma wanita, pensiunan Kemenag, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat daerah di Lingkungan Provinsi Lampung.

Hari Amal Bakti yang diperingati setiap tanggal 3 Januari ini merupakan peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Di mana Kemenag lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, HAB merupakan momentum penting untuk melakukan evaluasi dan introspeksi guna meningkatkan kinerja.

Menteri Agama RI,Yaqut Cholil Qoumas dalam pidatonya yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag.S.S.M.Hum., mengajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kemenag yang dulunya bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada tahun 1946.Yaqut juga mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

Lebih lanjut Menteri Agama menjelaskan bahwa kini Kemenag terlihat telah berubah karena birokrasinya lebih lincah dan responsif. transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps sebuah aplikasi pelayanan Kemenag. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah. Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Yaqut juga menegaskan bahwa Kemenag telah berubah diakui dan diapresiasi oleh kementerian atau lembaga dan publik dengan memperoleh 22 penghargaan pada tahun 2022. Tagline HAB ke-77 "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat" ini mengisyaratkan bahwa kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, kerukunan sering menguji kita lebih-lebih menjelang Pemilu 2024.

Di akhir pidatonya, Menteri Agama mengimbau kepada seluruh ASN di Lingkungan Kemenag untuk menjadikan HAB sebagai momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi.

"Kita harus berada dalam satu barisan yang kokoh dan teroganisir untuk Kemenag yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,"lanjut Yaqut.

Sebagaimana tahun sebelumnya,sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kemenag tahun ini kembali memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 PNS di Lingkungan Kementerian Agama atas nama presiden pada HAB ke-77. Penghargaan yang diberikan berupa Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Kontributor (HrS/Aska69/AS).


03/01/2023 19:19, Dilihat 422 kali